BUDAYA KERJA
PREVIEW: Budaya merupakan seluruh hasil olah cipta, rasa, dan karsa manusia yang diturunkan kepada generasi berikutnya, sebagai bagian dari kehidupan sosial bermasyarakat, dan terjadi secara turun temurun.
BUDAYA KERJA
Budaya kerja dapat diartikan sebagai hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang dikembangkan dalam suatu organisasi, guna menyelaraskan sikap, perilaku,, dan aktivitas yang berlangsung dalam suatu organisasi(lingkungan kerja), agar terjadi suasana yang positif dalam lingkungan kerja tersebut.
Ruang lingkup budaya kerja akan terjadi di suatu lingkup tempat kerja. Sebelum era digitalisasi, budaya kerja melingkupi perusahaan konvensional. Seiring perkembangan digitalisasi, muncul perusahaan yang dikenal dengan startup, yang didalamnya memuat budaya kerja berlandaskan digitalisasi.
~> Budaya kerja di perusahaan konvesional
Sumber daya manusia akan melaporkan pertanggungjawaban hasil kerjanya kepada SDM yang memiliki jabatan lebih tinggi. Kemapanan instruksinya lebih jelas. Perusahaan konvensional memiliki aturan kerja baku, seperti pemberlakuan jam kerja, cara berpakaian, sistem penggajian yang rutin dan teratur.
~> Budaya kerja di perusahaan startup
Perusahaan yang memanfaatkan teknologi digital ini sangat fleksibel, hirarki pimpinan dan staf juga lebih santai. Siapapun dapat melakukan diskusi bersama, saling bertukar ide saat dipelukan, dan iklim kolaboratif sangat kuat.
INDIKATOR
1) Disiplin
Perilaku yang senantiasa berpijak pada peraturan dan norma yang berlaku di dalam maupun di luar perusahaan. Karyawan yang memiliki kedisiplinan tinggi akan melaksanakan tata tertib dengan baik, tugas dan tanggung jawab yang baik, disiplin waktu dan kehadiran, disiplin dalam berpakaian.
2) Keterbukaan
Kesiapan untuk memberi dan menerima informasi yang benar dari dan kepada sesama mitra kerja untuk kepemimpinan perusahaan (jujur dan bersikap langsung).
3) Saling menghargai
Perilaku yang menunjukkan penghargaan terhadap individu, tugas, dan tanggung jawab orang lain sesama mitra kerja. Ditandai dengan membiarkan orang lain berbuat sesuatu sesuai haknya, menghormati pendapat orang lain, serta bersikap hormat kepada setiap karyawan.
4) Kerja Sama
Kesediaan untuk memberi dan menerima kontribusi dari dan atau kepada mitra kerja dalam mencapai sasaran dan target perusahaan. Beberapa indikator kerjasama yang lain yaitu tujuan yang jelas, terbuka dan jujur, ketrampilan mendengarkan, partisipasi dan tanggung jawab.
Komentar
Posting Komentar